Mencoba Mengabdikan Kehidupanku

Selasa, 04 Agustus 2015

New Vixion Ngebul, Oli Susut Drastis, Manfaatkan Garansi Bro

Sumber : anangcozzblog

Banyak sekali yang mengeluh New Vixion ngebul, olinya susut drastis padahal motor baru turun dari dealer, atau ada rider yang ganti oli teratur 1000 KM tapi oli susut drastis juga. 

Penyakit New vixion ngebul dan oli susut awal mulanya ada di Grup FB Yamaha New Vixion Lighiting Rider, awalnya cuma 1 rider yang mengalaminya sampai akhirnya banyak pengguna New vixion juga mempunyai pengalaman sama. 

Waktu service pertama dan kedua NVL saya gak ngebul jadi hati tentram deh, nah pas service ketiga pas digeber mekanik sampai mentok keluar tuh asap putih alias ngebul. Langsung tak samperin mekaniknya, "Mas itu ngebul kenapa mas, aman gak tuh," tanyaku, "Aman mas,"ujarnya sambil berpikir.

Ngomongnya sih aman, tapi kok dari mukanya seperti berpikir dahulu... jadi ragu deh. Di Grup FB malah jadi banyak yang mengalami kasus serupa. Mencoba tutup mata dengan masalah tapi hati ini masih gak enak. Yah sudah waktu itu langsung claim saja bawa ke Yamaha DDS Cempaka Putih. 

Tgl 27 Desember 2013 
Datang ke Yamaha DDS 1 Cempaka Jakarta, claim masalah ngebul. Disuruh balik lagi 6 Jan 14". Menurut analisa mereka bisa dua kemungkinan.
1. Bisa saja itu wajar, karena di RPM tinggi apalagi dalam posisi tanpa beban (normal). Asap bisa karena settingan terlalu boros, jadi itu bisa saja dari pembakaran bensin, bukan oli yang naik ke ruang bakar.
2. Motor ada masalah, baret di silinder, piston dan ring piston aus.

Tgl 6 Januari 2014
Motor masuk ruang bedah

Tgl 9 Januari 2014
Motor telah selesai diperbaiki dan siap dibawa pulang. Berikut Ini percakapan saya (M) dengan Yamaha Konsultan Claim (X)
X : Jadi gini pak, motor sudah kita bongkar, ini silinder dan pistonnya ternyata tidak ada baret sama sekali, masih bagus. (Sambil nunjukin blok dan piston yang dibongkar)
M : Terus kenapa motor saya bisa ngebul.
X  : Kalau digeber melebihi limit memang akan seperti itu, semua motor juga begitu. 
Hanya keluar asap motornya wajar atau tidak. Kalau hanya tipis wajar, kecuali asap putih seperti bajaj.
M : Tapi ada NVL lain yang tidak seperti itu
X  : Pasti seperti itu, hanya tersamarkan saja asap tipis putihnya
M : Tapi waktu saya di Beres saya lihat motor matic baru yang di geber-geber gak ngebul.
X  : Beda pak, mesin motor vixion dan matic beda. Apalagi mesin motor bapak tegak berdiri tidak tidur seperti matic dan bebek. Ini Bapak liat sendiri, Silinder masih halus, piston juga halus tidak ada gejala aus sama sekali. Old Vixion juga pasti seperti itu. Motor seperti ini (Vixion) dalam keadaan tanpa beban di geber-geber sampe RPM limit pasti akan keluar asap tipis seperti itu.
M : Masak sih, apa semua motor seperti itu, termasuk motor tetangga.
X : Harusnya seperti itu.
Motor Ngebul kalau oli menyusut drastis dalam pemakaian 100-200 KM baru ada masalah. 
X : Walau Blok silinder dan piston tidak ada masalah, karena sudah kita bongkar kita ganti baru semuanya. Bapak harus inreyen lagi sekitar 200-300 km, oli kita ganti baru, nanti setelah 1000km harus langsung ganti baru yah pak.

M : Kalau memang aman seperti itu yah malah bagus donk.
X : Nah mengenai bunyi sedikit klok-klok di setang, yg hanya terdengar ketika sedang jalan pelan melewati polisi tidur itu memang seperti itu. Kita sudah cek komstir dan bagian shock depan semuanya masih bagus.
M : Setelah tadi di test, sekarang motor saya sudah tidak ngebul lagi donk
X : Kita ngetestnya hanya 8000-9000RPM kita diamkan kalau sudah kita diamkan tidak keluar asap putih berarti wajar. Motor Bapak tidak berani kita geber sampe limit apalagi ini masih inreyen.
M: Tapi kenapa mekanik di beres selalu geber sampai limit.
X: Harusnya tidak boleh seperti itu pak. Klep motor bapak juga sudah kita setting ulang.
M : Mas kok piston saya seperti ini hitam2x (Kerak karbon), padahal saya pakai bahan bakar oktan 92 (Shell super)
: Bisa jadi dari kualitas bensinnya, atau karena pembakaran tidak sempurna.
M : Kok bisa, saya selalu pakai Shell Super terus.
X : Penyebab pembakaran tidak sempurna tidak hanya dari bahan bakar saja, bisa dari busi, saringan udara, banyak faktornya. Jadi kalau memang sudah waktunya ganti (menurut buku pedoman), walau mekanik bilang masih bagus, lebih baik ganti saja, karena itu ikut berpengaruh juga.
M : Oke deh makasih banyak
Dari percakapan itu bisa disimpulkan, New Vixion ngebul di RPM redline saat motor dalam keadaan netral itu wajar, kecuali oli sudah susut dalam jumlah yang drastis. 

Part-part yang diganti waktu claim :





Bonus Foto New Vixion Yang Punya Blog




Nah buat rider New Vixion yang ngebul berjamaah, jgn komplain dulu, waktu ganti oli coba di tap dalam interval 100-200 KM, kalau menyusutnya drastis baru deh segara claim.













Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Stats

Diberdayakan oleh Blogger.

Your Comment

Followers

Text Widget

Copyright © Mikhael Wr Blog | Powered by Blogger Design by PWT | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com