Mencoba Mengabdikan Kehidupanku

Rabu, 16 Maret 2016

Ternyata Ini 8 Penyebab Utama Kamu Gagal Diet

Diet
Ilustrasi dietcepatalami.com

Ketika pertama kali memutuskan diet pasti kamu sangat bersemangat. Saking antusiasnya sampai sudah punya rencana selama 3 bulan kedepan.

Dengan rinci kamu buat rencana, tiap bulan berat badan harus turun berapa kg dan menyusun menu diet setiap hari. 
Bahkan sampai ada yang beli perlengkapan olahraga baru atau menjadi mamber fitness. 

Namun tetap saja dipertengahan jalan ketika negara api menyerang semua rencana itu buyar berserakan. 

Berikut 8 hal yang biasanya membuat rencana diet kamu gagal total.


1. Kompromi Dengan Menu Makan

Diet
Ilustrasi authoritynutrition.com

Awalnya pasti semangat mengikuti menu makan diet yang sudah dibuat. Minggu pertama lewat, minggu kedua masih oke, nah pas minggu ketiga biasanya mulai muncul godaan.

“Ah makan gorengan satu ini gak apa-apa,” atau “Pengen banget makan burger, besok gue olahraga berat deh biar lemaknya keluar,” celoteh beberapa pelaku diet.

Percayalah, jika sudah mengiyakan godaan tersebut, maka keesokan hari kemungkinan besar kamu akan melakukan hal yang sama.

Jadi muncul beberapa kompromi terhadap makanan yang jelas-jelas harus dihindari selama diet. Kalau ini kamu lakukan selama sebulan, bagaimana bisa maksimal hasilnya. 

Akhirnya karena cape dan tidak ada hasil, kamu putuskan untuk berhenti diet.


2. Balas Dendam Di Weekend Ceria

Diet
Ilustrasi dietxnutrition.com

Sudah melaksanakan pola makan diet di weekdays, olahraga juga sudah teratur. Semua berjalan sesuai rencana. 

Lalu weekend datang, waktunya liburan melepas lelah. Jalan-jalan ke mall, kafe atau bahkan menghadiri pesta pernikahan teman. 

Saking menikmati kebebasan ber-weekend ria kamu memakan semua makanan. Akhirnya lupa harus menghindari gorengan dan makanan berlemak lainnya. 

Teman sia-sialah usaha kamu selama 5 hari. Ibarat tubuh yang sudah dibersihkan dengan makanan sehat dan olahraga, akhirnya dimasukkan kotoran lagi. Itu sama saja diet kamu jalan di tempat. 


3. Mau Serba Instan

Diet
Ilustrasi 2.bp.blogspot.com

Jaman sekarang memang serba instan. Orang lebih suka membuat mie instan dibanding mie goreng buatan sendiri. Sementara untuk membentuk tubuh proporsional butuh proses dan waktu lama.

Dibutuhkan ketekunan, keuletan dan kedisiplinan. Bagi yang tidak sabar akhirnya keinginan yang serba instan menggerus semangat dietnya. Diet pun berhenti di tengah jalan .

Untuk yang berkantong tebal akan mencari jalan pintas dengan membeli obat-obatan penghancur lemak. Tak peduli berapapun harganya yang penting dibeli.

Jadi tinggal minum obat, duduk leha-leha besoknya bisa kurus. Awas hati-hati, diet dengan obat-obatan kimia sangat bersiko tinggi. 


4. Malas Berolahraga

diet
Ilustrasi images.medicaldaily.com

“Ah gue sih cukup diet aja, gak pake olahraga juga bisa menurunkan berat badan,” atau “Malas olahraga bikin cape saja, kita kan harus jaga tenaga biar gak cepat lapar kan lagi diet,” kata beberapa pelaku diet.

Masih banyak orang beranggapan seperti itu. Memang tanpa olahraga cukup dengan diet saja bisa menurunkan berat badan. Tapi itu akan sangat lama sekali, sebulan belum tentu berat badanmu bisa susut.

Karena hanya otot sajalah yang bisa menghancurkan lemak membandel di dalam tubuh kita. Tanpa berolahraga maka otot tidak akan bekerja maksimal, jika tidak bekerja maksimal bagaimana lemak berlebih bisa rontok. 

5. Gaya Hidup Kalongers

Diet
Ilustrasi cdn-2.tstatic.net

Diet kamu bisa berantakan jika tidur larut malam. Tidur malam 8 jam adalah waktu istirahat maksimal. 

Tahu tidak, selama tidur malam metabolisme dalam tubuh kita sedang bekerja menghancurkan makanan yang sudah kamu konsumsi.

Organ dalam tubuh butuh waktu untuk melakukan proses metabolisme. Jadi jika kalian tidur larut malam akan mengacaukan kerja organ dalam tubuh. 

Kurang tidur juga membuat kamu malas bangun pagi. Imbasnya olahragapun jadi malas, bahkan dapat mengganggu fokusmu dalam bekerja.


6. Lingkungan Tidak Mendukung

Diet
Ilustrasi bpisecurity.com

“Kamu ngapain sih diet, gaya banget,” atau “Ah kayak artis saja diet-dietan segala.” kata beberapa orang. Kita sering mendengar omongan itu entah dari teman, pacar, suami atau orang tua sendiri.

Memang susah berada di lingkungan yang tidak mendukung usahamu berdiet. Kalau sudah begini biasanya niat kamu lama-lama luntur seiring penolakan yang terus berjalan.

Saran saya, tetap fokus, tunjukkan ke orang-orang yang mengganggap diet kamu itu tidak berguna. Buktikan kalau omongan mereka salah. Jadilah diri sendiri, tutuplah telinga rapat-rapat dari gunjingan tersebut.


7. Malu Sama Teman-Teman

Diet
Ilustrasi bethfranchini.com

Biasa sarapan titip dibelikan nasi uduk sama office boy atau teman. Sekarang malah buat oatmeal sendiri di pantry kantor. 

Berbagai reaksi pasti bermunculan. Ada yang mendukung, ada menganggap kamu lebay, ada juga yang menilai kamu kurang kerjaan.

“Orang Indonesia mana cocok sarapan oatmeal, paling setengah jam lagi lapar,” atau “Kok loe mirip kakek dan nenek gue sih, masih muda makannya oatmeal,” ujar sindiran teman-teman.

Belum lagi pas makan siang, karena jarang ada warung makan yang jual nasi merah. Mau tidak mau kamu bawa bekal nasi merah dari rumah.

Setelah sampai di warung makan kamu keluarkan bekal nasi merah tadi dan pilih lauk yang tidak berminyak. Percaya atau tidak pertama kali kamu mengeluarkan kotak makan pasti malu, apalagi cowok, bakal diledekin habis sama teman-teman.

Bagi orang bermental lemah, sindiran itu lama-lama akan membuat dia mundur teratur dari rencana diet yang sudah digagasnya. 

8. Niat dan Motivasi Kurang

diet
Ilustrasi advancedwellness.com

Poin ini adalah yang paling utama dari keberhasilan menjalankan diet. Bahkan ketujuh hal di atas bisa kamu lewati kalau punya niat dan motivasi kuat. Sebaliknya jika tidak, diet kamu akan seumur jagung.

Untuk itu bergabunglah di komunitas diet, cari forum-forum diet atau dekati orang-orang yang sudah berhasil melakukan diet. Dengan begitu kamu akan selalu mendapat motivasi dari meraka.

Keberhasilan diet orang lain akan menjadi motivasi kamu menjalani diet. 










Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Stats

Diberdayakan oleh Blogger.

Your Comment

Followers

Text Widget

Copyright © Mikhael Wr Blog | Powered by Blogger Design by PWT | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com