Mencoba Mengabdikan Kehidupanku

Sabtu, 12 Maret 2016

Catat!!! Menu Makan Ini Buat Berat Badanmu Susut

Berat Badan Diet

Siapa yang tidak mau punya berat badan dan bentuk tubuh ideal. Semua orang termasuk saya juga mengidamkan itu.

Berbagai cara ditempuh untuk menggapainya, salah satunya dengan melakukan diet. Banyak yang berhasil tapi tak sedikit pula gagal alias tidak ada perubahan.

Berat Badan Diet
Sumber images.agoramedia.com

"Gue sudah diet berbagai metode tapi kok badan begini aja," atau "Lama-lama cape juga diet, makan dijaga tapi berat badan malah tambah naik," cetus keputusasaan beberapa orang.

Nah karena pernah diet, jadi tidak ada salahnya saya berbagi pengalaman diet yang pernah dijalani dan berhasil.

1. Sarapan Pagi

Berat Badan Diet Oatmeal
Sumber sehatalamiku.com
Hindari sarapan dengan menu dominan karbohidrat seperti nasi uduk, bubur, nasi goreng, bihun dan mie. Kalau saya menggantinya dengan oatmeal plus buah-buahan. 

Untuk menggugah selera saya mencampur oatmeal dengan susu ultramilk lowfat rasa cokelat. Agar tidak bosan sering-sering variasikan jenis buah-buahnya.

Terkadang kalau bosan saya mengganti oatmeal dengan roti gandum isi keju lowfat dan segelas susu ultramilk cokelat lowfat.

2. Camilan Jam 10 Pagi

Berat Badan Diet
Sumber kaskus

Dengan menu sarapan seperti itu perut saya sudah krucuk-krucuk alias lapar dikisaran jam 10 pagi. Memang itu adalah hal wajar.

Cukup sediakan snack rendah lemak, buah-buahan atau roti gandum. Pilih sesuai selera. Ingat karena ini hanya bersifat camilan jadi jangan makan terlalu banyak. 

3. Makan Siang

Berat Badan Diet
Sumber redaksi7.tk

Nasih putih saya ganti dengan beras merah. Sementara untuk pilihan lauk usahakan hindari goreng-gorengan. Agar terasa lebih kenyang makanlah buah terlebih dahulu. 

Karena ini nasi merah maka takarannya harus lebih sedikit dari nasi putih. Makan secukupnya jangan berlebihan. 

4. Camilan Jam 4 Sore

Berat Badan Diet
Sumber manfaat.co.id

Menu hampir sama dengan camilan jam 10 pagi. Bisa diulangi lagi atau dengan variasi buah-buahan yang berbeda.

Inti makan camilan ini agar makan malam nanti saya tidak terlalu lapar sehingga bisa mengurangi porsi makan malam. 

5. Makan Malam

Berat Badan Diet
Sumber cdn-2.tstatic.net

Wajib hukumnya makan malam sebelum jam 7 malam. Menu bisa nasi merah dengan kombinasi lauk ayam/ikan bakar. Tahu/tempe bacem juga bisa. 

Jika bosan nasi merah, saya menggantinya dengan kentang rebus. Mau ditumbuk atau dipotong-potong, cobalah sesuai selera kalian. 

6.Camilan Malam

Berat Badan Diet
Sumber tanyoe.com

Harusnya sih tidak ada aktifitas makan lagi, namun sekitar jam 9-10an malam saya merasa lapar. Kalau sudah tidak bisa ditahan lagi saya makan buah-buahan.

Nah teman-teman itulah menu makan saya selama diet. Pola makan tidak dikurangi bahkan frekuensinya bertambah. 

Namun yang ingin saya tekankan di sini adalah bukan frekuensinya, tapi makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. 

Diet Saja Tidak Cukup 

Masih ada 2 hal penting lain yang mendukung keberhasilan diet. Tanpa melakukan hal ini diet yang sudah saya lakukan bakal jadi sia-sia. 

1.Olahraga Teratur

Berat Badan Diet
Sumber cdn-2.tstatic.net
Selain diet saya juga  mengimbangi dengan olahraga teratur, karena tanpa olahraga lemak di dalam tubuh tidak akan hancur. Dengan olahraga otot bekerja sehingga membakar lemak. 

Untuk pemula awalilah dengan olahraga ringan seperti jogging, lari atau melakukan gerakan-gerakan sederhana aerobik. Jika sudah mahir naiklah ke level yang lebih sulit.

2. Istirahat Cukup

Sumber netdna-cdn.com

Jika sudah diet dan olahraga langkah terakhir adalah istirahat yang cukup. Seperti saran dokter kita butuh waktu istirahat malam, idealnya selama 8 jam. Usahakan sudah mulai tidur pada jam 10 - 11 malam. 

Dan HasilNya ?

Memulai diet sebelum lebaran tahun 2012 dengan berat badan 100 kg. Enam bulan kemudian berat saya ada di kisaran 78-80 kg dan inilah penampakan saya sebelum dan sesudah diet. 

Berat Badan Diet
Sebelum Diet
Berat Badan Diet
Sesudah Diet










Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Stats

Diberdayakan oleh Blogger.

Your Comment

Followers

Text Widget

Copyright © Mikhael Wr Blog | Powered by Blogger Design by PWT | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com